Pejuang TOEFL

Sunday, April 21, 2013

Beda TOEFL ITP, PBT, dan IBT

Kadang kita kebingungan tentang banyaknya istilah TOEFL yang ada, yaitu ITP, PBT, dan IBT. Tes jenis terbaru, TOEFL IBT (Internet-based Test), berbeda dengan tes TOEFL versi PBT (Paper-based Test) dan juga ITP (Institutional Testing Program) atau sering dikenal TOEFL ‘prediksi’.

Jenis Test TOEFL

Perbedaan mendasarnya antara lain pada struktur tesnya. Tes TOEFL IBT tersusun dari 4 sesi: membaca, mendengar, berbicara, dan menulis; sedangkan tes TOEFL PBT tersusun dari 4 sesi: mendengar, struktur, membaca, dan menulis (ITP tanpa menulis). Sesi listening TOEFL IBT bisa dikatakan cukup panjang karena materi yang diperdengarkan berupa suatu paparan kuliah, diskusi, atau percakapan yang detail (dari awal sampai akhir); berdurasi 7-10 menit. Oleh karena itu terdapat cukup waktu untuk mencatat pokok pembicaraan, memahami konteks, dan mencerna intisari dari topik tersebut. Berbeda dengan TOEFL PBT dan ITP yang memberikan sesi listening dengan percakapan singkat dan sedikit lebih panjang. Lengah sedikit, bisa kacau balau akibatnya. Bagi saya, sesi listening IBT sangat manusiawi dan menguntungkan karena kita serasa sedang berada di dalam perkuliahan dengan bahasa Inggris dan durasi waktu yang cukup untuk mencerna topik dengan baik. Kekurangannya adalah resiko tertidur akibat durasi yang panjang, setidaknya hal ini benar terjadi pada salah satu teman saya (bangun gan!).

Lalu pada sesi speaking IBT, peserta akan diberikan beberapa pertanyaan umum (bisa mengenai hobi atau pendapat pribadi). Kemudian kita akan diberikan suatu teks akademik dan pertentangan untuk diminta suatu pendapat/ringkasan. Mungkin setiap orang akan mendapat 6 soal berbeda, namun pada prinsipnya kita diberikan ’sedikit’ waktu (30-45 detik) untuk merancang jawaban. Bagi saya waktu tersebut sangat sempit, hanya cukup untuk membaca ulang pertanyaan dan memahaminya sekilas lalu menuliskan kata-kata kunci sampai waktu habis, biasanya tidak cukup, dan langsung berbicara dengan semaksimal mungkin sampai waktu yang diberikan juga habis (1-1,5 menit). Sebelum tes dianjurkan berlatih setiap hari dengan merekam dan mendengarkan kembali, meskipun nantinya rasa grogi dan terbata-bata ketika tes berlangsung bisa saja muncul. Yang dinilai pada sesi ini adalah seberapa jelas jawaban kita karena yang ditanya adalah pendapat atau ringkasan. Oleh karena itu jawaban harus tegas, tepat sasaran, dan sistematis, juga disampaikan dengan artikulasi yang fasih dan intonasi yang sesuai. Walaupun sesi speaking ini tergolong sulit tapi lebih bisa saya nikmati melalui improvisasi ketimbang sesi struktur PBT yang menuntut kejelian mencari kesalahan serta detail pada struktur dan aturan kalimat.

Pada sesi writing IBT, peserta akan diberikan soal berupa artikel akademik dan percakapan, lalu kita dimintai pendapat, perbandingan, dan kesimpulan. Kalau saya tidak salah mengingat, terdapat 3 soal menulis. Waktu yang diberikan terkesan agak panjang, namun karena tulisan yang diminta juga agak banyak, maka waktu akan habis dengan sendirinya; sekalipun sudah mengetik langsung dengan secepatnya. Oleh karena itu, sebaiknya tidak membuang waktu percuma. Lain hal pada PBT, terdapat 1 soal saja, sedangkan ITP tidak ada sesi writing-nya. Pada sesi reading saya kira tidak ada perbedaan yang mencolok selain jumlah yang lebih banyak pada TOEFL IBT.

Hasil tes akan disampaikan melalui situs pada hari ke-14 setelah tes dan hasil resmi dikirim via pos ke rumah kita dan universitas/instansi yang dituju. Waktu pengiriman akan berbeda-beda tergantung lokasi tujuan. Jika surat hasil testnya lum juga nyampe, cobalah menghubungi ETS (nomor telepon ada di situsnya) untuk memastikan pengiriman hasil tesnya. Adapun skor total yang dihasilkan akan berbeda. karena pada TOEFL IBT setiap sesi diberikan nilai maksimum 30, sehingga skor total 120. Sedangkan pada PBT, nilai total 677. Untuk kemudahan konversi nilai IBT ke PBT, bisa melalui tabel pada web ini. Sebagai contoh nilai batas skor PBT yang sering digunakan adalah 550 yang setara dengan skor 79-80 skor IBT.

Demikian secara ‘singkat’ masukan yang bisa saya berikan. Pada prinsipnya saya lebih menyukai tes TOEFL IBT dengan sesi listening yang lebih mudah dipahami dan ketiadaan sesi struktur yang seringkali menjebak. Walaupun sesi speaking cukup mengkhawatirkan, tapi masih bisa improvisasi. Di sisi lain, perhatian yang lebih pada saat mendaftar, tes berlangsung, dan pengiriman hasil perlu disiapkan. Bagi Anda yang ingin mengambil tes TOEFL baik IBT/PBT, saya sarankan coba dulu tes ITP untuk prediksi disertai latihan rutin sendiri di rumah mengingat biaya yang lumayan menguras saku. Dan ambillah jadwal tes jauh-jauh hari sebelum tenggat waktu kebutuhan. Smoga hasilnya memuaskan :)


Semoga artikel Beda TOEFL ITP, PBT, dan IBT bermanfaat bagi Anda.

Unknown said... On July 3, 2013 at 8:26 AM  

Wah senang bisa baca tentang Perbedaan Tes TOEFL iBT dan PBT

Maulina ns said... On January 8, 2017 at 6:04 PM  

Mksh share nya

Jasa Pembuatan Sertifikat Toefl said... On September 29, 2017 at 1:21 PM  

Hallo agan-agan sekalian. Perkenalkan Saya Abidin Seto, Di sini kami menyediakan Jasa Pengurusan Pembuatan Sertifikat TOEFL ITP PBT LIA ILP LIA IELTS Dan Ijazah Resmi Asli Original Mudah Berkualitas dan Terpercaya. yang sudah Berpengalaman di bidang ini hampir 4 Tahun..

Bagi agan2 sekalian pasti sudah tidak asing lagi dengan namanya TOEFL ataupun IELTS kan?
TOEFL Merupakan singkatan dari Test Of English as a Foreign Language adalah Tes Proficiency yang digunakan untuk mengukur kemampuan bahasa inggris seseorang tanpa dikaitkan secara langsung dengan proses belajar mengajar..

Sedangkan IELTS Merupakan Singkatan dari International English Language Testing System.
Yang artinya adalah Suatu tes Internasional dalam kemampuan bahasa inggris yang diselengarakan oleh Universitas Cambridge , British Council dan IDP Educational Australia.
Pada Tes IELTS, Bahasa inggris yang di gunakan adalah Bahasa Inggris Britania atau British

Back to the Topic...

Dalam hal ini saya selaku Abidin Seto dapat membantu agan2 sekalian untuk pengurusan dan Pembuatan Sertifikat TOEFL dan IELTS yang agan2 inginkan..
Untuk Pemesanan TOEFL ataupun IELTS gampang kok.

Dapat di gunakan untuk keperluan
-Daftar perguruan tinggi Negri
-Beasiswa Luar/Dalam Negri
-Daftar kerja BUMN/SWASTA
-CPNS
-Syarat untuk Wisudah
-Untuk Skripsi/thesis
-Kenaikan Jabatan

Untuk Kwalitas Sertifikatnya?
-Kita jamin Asli Original Sertifikatnya karna emang sertifikat kita sudah mengunakan Pengaman yang di sebut sebagai Watermark dan sudah LOLOS uji Sinar UV..

Untuk Lembaganya?
Untuk Lembaganya kita menyediakan

TOEFL ITP
Lembaga :
-IES Foundation
-ELTI Gramedia
-LBI FIB UI
-EF (English First)
-ILP Pancoran
-LBPP LIA Pramuka
NB : (Reques Lembaga lain juga bisa. Untuk Paketnya sudah di lengkapi COPYAN original atau Legalisir)

TOEFL PBT
Lembaga :
-TBI
-ILP Cikini
-ILP Pluit
-ILP Tanjung Duren
-EF (English First)
-ILP TOEIC
NB : (Untuk paketnya sudah di lengkapi LEGALISIR)

IELTS
Lembaga :
-IDP
-IALF
-British Council

IJAZAH
-SMA
-S1
-S2

Untuk proses pemesanan memakan waktu berapa hari?
-Proses pengerjaan 1x24 jam siap kok gan.. Aman Cepat Mudah dan Bergaransi!!

Untuk pengirimannya?
-Pengirimanya Seluruh Indonesia bisah kok. Via JNE. Bagi yang Jabodetabek kita bisa bantu untuk gojek

Untuk Scorsnya?
-Scors bebas mau berapa aja kita buatkan yang agan mau..

Apakah Terpercaya?
-Mungkin bagi agan2 yang baru ingin memesan pasti ragu dengan saya..
Gak masalah gan, namanya juga costmer saya sebagai penjual mengerti kok :))
Kalau yang sudah mengenal AbidinSeto pasti uda ga ragu kok gann hehehe.
Entar di bawah saya kirim bukti sertifikat yang sudah saya urus dan TESTIMONI costmer yang sudah memesan kepada saya..

Untuk Privasi apakah bisa di jaga?
-Aman kok agan. Privasi Costmer saya jaga!

Untuk pemesanan ataupun sekedar tanya2 dan sharing bisa langsung contac saya yah gan
~WA/HP : 082168610824
~Line : AbidinSeto
~Pin BB : D43AA9E0
~Email : Abidin.Seto15@gmail.com
~IG : AbidinSeto

Kunjungi Blogger kita di bawah ini juga yah :)
http://jasapembuatansertifikattoefls.blogspot.co.id/2017/08/jasa-pengurusan-pembuatan-cepat.html

https://jasapembuatansertifikattoefl.wordpress.com/

Berikut saya lampirkan Contoh Sertifikat yang sudah saya urus beserta Testimoni Costmer yang sudah memesan..

~Wassalam :)

Post a Comment

Pejuang TOEFL - All Right Reserved.Powered By Blogger
Theme Designed Kumpulan artikel Menarik